Panen pala.jpg

Fakfak

Mendukung pengembangan mentega pala dan produk turunan lainnya

Lokasi Spesifik

Kampung Pirma, Brongkendik, Pahgernkindik and Kokas (Kampung Baru).

Geografis

Daerah ini terletak di pantai barat provinsi Papua Barat. Fakfak telah memiliki interaksi dengan dunia luar melalui perdagangan pala dengan pulau-pulau lain selama berabad-abad, spesies pala lokal mendominasi kegiatan ekonomi di daerah tersebut. 

Komunitas masyarakatnya campuran dan kosmopolitan, didominasi oleh campuran imigran dari masyarakat laut lainnya di nusantara.

Mata Pencarian

Petani pala, pertanian subsisten, perikanan, dan usaha keluarga kecil.

Fasilitas penunjang

Tersedia akses pelabuhan pengiriman.

Intervensi Ekonomi Hijau

Program Ekonomi Hijau Papua terus bekerja dengan komunitas produsen, pedagang, dan ISP untuk mengembangkan mentega pala. Mentega pala yang dihasilkan dari pala di Fakfak memiliki mutu dan kualitas yang lebih tinggi dari tempat lain yang tercatat.

Program Ekonomi Hijau Papua bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk menyusun dan menerapkan peraturan baru tentang pengoperasian BUMKAM (Perusahaan Desa).

Program Ekonomi Hijau Papua telah mendistribusikan 5 rumah jemur di Dinas Perkebunan dan Pertanian, Bumkam Pahgernkindik, Koperasi Mystrica dan Pak Her (pedagang Pala).

Program Ekonomi Hijau Papua bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk membantu mendirikan pelayananan bank bantuan di Kampung Baru.

Tahun awal intervensi

2018.

Kolaborasi pemerintah

Bupati telah menandatangani LOI dengan GEG dan

Dinas Perkebunan telah menyediakan hampir 100 kg biji pala untuk berkontribusi dalam pengembangan industri mentega pala.

Bupati mendukung GEG dalam mengembangkan peraturan baru untuk Badan Usaha Milik Desa (BUMKAM) yang terdaftar.

Komplek Ruko Pasifik Permai Blok G-5 Dok 2 Jayapura, Papua Indonesia