Kakao Papua

Bersama-sama dengan Pemerintah

Kabupaten Jayapura memulai program rehabilitasi dan penggantian pohon berpenyakit dengan bibit bersertifikat sehat yang dihasilkan oleh pembibitan,

dibangun dan dikelola oleh petani yang dilatih oleh Program Ekonomi Hijau Papua.

Intervensi Program dalam

Rantai Nilai Kakao Papua

Intervensi kakao-01.png

Kakao adalah komoditas ekonomi hijau bersejarah di Tanah Papua. Kebutuhan terbesar saat ini adalah mengembangkan skala ekonomi untuk rantai pasokan dan stabilitas harga. Mengingat tantangan dari produktivitas dan kualitas biji yang rendah. 

 

Program Ekonomi Hijau Papua bekerja sama dengan para ahli dan otoritas lokal untuk merancang pendekatan baru dalam mendukung rantai nilai komoditas kakao yang berkelanjutan di Papua: membantu merehabilitasi pertanian dan meningkatkan produksi, pelatihan berbasis lapangan bagi para petani untuk memastikan pengelolaan tanaman yang juga membawa pendapatan dari produksi pembibitan dan distribusi benih.

Dalam rantai nilai kakao, Program Ekonomi Hijau Papua mendukung rehabilitasi stok pertanian kakao setelah adanya pengurangan jumlah penyakit di tahun-tahun sebelumnya (2012-2015). Pembuatan usaha pembibitan kecil telah memberikan penghasilan sementara bagi beberapa petani dan merupakan awal bagi program rehabilitasi antar petani jangka panjang.

 

Di masa mendatang, Program Ekonomi Hijau Papua telah memulai negosiasi dengan produsen cokelat untuk membeli kakao segera setelah pohon mulai berbuah, termasuk juga dengan para pengusaha coklat gourmet yang tertarik untuk meluncurkan produk cokelat dari Papua.