komoditas rumput laut.png

Rumput Laut Papua

Pembibitan rumput laut berhasil memproduksi stok untuk memungkinkan perluasan sumber daya menuju jumlah yang layak secara komersial

Intervensi Program dalam

Rantai Nilai Rumput Laut Papua

Sebagai produk baru untuk daerah percontohan, para petani di lokasi percontohan Program Ekonomi Hijau Papua awalnya kesulitan untuk mengembangkan teknik yang diperlukan agar mampu berhasil membudidayakan rumput laut di lokasi mereka yang berbeda.

 

Sekarang, pembibitan rumput laut berhasil memproduksi stok untuk memungkinkan perluasan sumber daya menuju jumlah yang layak secara komersial. Tim Ekonomi Hijau Papua akan terus melakukan intervensi dalam penjualan bibit dan juga melakukan pelatihan intensif tentang makanan ringan berbasis rumput laut. 

Rumput laut memiliki prospek masa depan yang optimis berdasarkan basis pengembangan produk yang terus berkembang. Siklus panen rumput laut relatif cepat sekitar 45 hari, dengan biaya awal rendah, serta memiliki dampak lingkungan minimal jika dilakukan dengan benar.

 

Rumput laut adalah investasi hijau yang sehat untuk ekonomi pesisir di Papua. Pemilihan lokasi budidaya rumput laut penting karena membutuhkan air salinitas tinggi dan jernih untuk memastikan pertumbuhan tanaman yang cepat dan sehat.

Komplek Ruko Pasifik Permai Blok G-5 Dok 2 Jayapura, Papua Indonesia