Tentang Program.jpg

Tentang Program

Program Pertumbuhan Ekonomi Hijau untuk Papua dan Papua Barat adalah program kerjasama Pemerintah Republik Indonesia dengan Pemerintah Inggris, dilaksanakan di bawah Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia  dengan Unit Perubahan Iklim Inggris, United Kingdom Climate Change Unit (UKCCU).

 

Program ini bertujuan untuk memastikan Pemerintah Provinsi Papua dan Papua Barat  percaya pada pengelolaan pembangunan ekonomi hijau di tingkat lokal, dan menarik investasi menuju bisnis hijau melalui serangkaian pengembangan kapasitas dan pendampingan, serta meningkatkan akses terhadap pembiayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di daerah pedesaan dan perkotaan di Papua.

Pemerintah Papua dan Papua Barat siap untuk menempuh jalur alternatif pembangunan rendah karbon. Upaya ini termuat dalam Tujuan Visi 2100 Pemerintah Provinsi  dan 'Cetak Biru’ untuk Penggunaan Lahan Lestari menuju model ekonomi yang memberikan pertumbuhan setara, berkelanjutan secara ekologis, dan meningkatkan kesejahteraan orang Papua.

 

Program ini mengidentifikasi dan mendukung portofolio petani kecil agribisnis Papua yang baru memulai dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang akan menjadi basis strategi investasi hijau yang lebih komprehensif untuk kedua provinsi di Papua. Keberhasilan petani kecil dan UMKM akan mendorong lebih banyak investasi hijau di Papua dan Papua Barat.

10 Hal Pembeda Program Pertumbuhan Ekonomi Hijau Provinsi Papua dan Papua Barat

1/10

Program Pertumbuhan Ekonomi Hijau Provinsi Papua dan Papua Barat membantu petani meningkatkan produktivitas dan kualitas komoditas atau produknya, melalui bantuan bantuan teknis, pelatihan dan teknologi/alat tepat guna.

Program Pertumbuhan Ekonomi Hijau Provinsi Papua dan Papua Barat memprioritaskan manfaat ekonomi bagi

masyarakat dan rumah tangga. Adil secara sosial dan inklusif - Bekerja langsung dengan wanita dan pemuda.

 

Tujuan program adalah memastikan kelestarian lingkungan untuk dapat berkontribusi pada pengelolaan lahan yang berkelanjutan, tidak mendukung deforestasi.


Mendorong investasi hijau dari investasi swasta dan publik.

Output Program

Output 1

Peningkatan akses untuk kelompok produsen, UMKM dan Intermediary Service Providers untuk rantai pasok, pasar, layanan, dan teknologi tepat guna 

Output 2

Penerapan rencana bisnis oleh petani dan produsen utama

serta peningkatan manajemen keuangan rumah tangga/kelompok

Output 3

Pengembangan Rencana intervensi agribisnis dan dilaksanakan di lokasi percontohan  

Output 4

Peningkatan keahlian manajemen bisnis UMKM, ISP, BUMKAM di perkotaan, dan pinggiran 

Output 5

Mobilisasi dukungan sektor publik dan swasta dalam rantai pasok yang ditargetkan melalui proses berbagi pengetahuan serta menunjukan keberhasilan Program Ekonomi Hijau Papua 

Tim kami

Anthony Torrens
Alex Rumaseb
Giri Arnawa
Dian Yanuardi
Team Leader
Swan Vri
Shane Mc Carthy
Dominggus Deda
Philips Arobaya
Delima Kiswanti
Iain Wilson
Maria Rumadas
Teguh Ariyadi
Team Leader
Suryati
Team Leader
Ayu Ramanadia
Team Leader
Gazanea Torrey
Team Leader
Usilina Epa

Komplek Ruko Pasifik Permai Blok G-5 Dok 2 Jayapura, Papua Indonesia